Skip to main content

Alternatif cara melihat fare estimate atau perkiraan tarif Uber

Perbedaan Uber dengan layanan serupa khususnya di Indonesia adalah skema tarif yang dihitung berdasarkan jarak dan waktu tempuh perjalanan. Jika dibandingkan Grabcar dan Go-Car yang bertarif fixed, skema ini terkadang memberikan keuntungan untuk rider atau penumpang karena jatuhnya bisa lebih murah, tapi kelemahan dari skema ini adalah kita tidak bisa mengetahui tarif (fare) yang harus kita bayar nantinya.

Untungnya Uber memiliki fitur untuk memperkirakan berapa biaya yang harus kita keluarkan dengan memilih menu Fare Estimate atau Dapatkan Perkiraan Tarif, kita bisa melakukannya di aplikasi Uber saat akan memesan, tapi pastikan untuk memasukkan lokasi tujuan terlebih dahulu. Kita akan diberikan perkiraan harga terendah dan harga tertinggi.

Estimasi harga terendah adalah jika kita kondisi jalanan dalam keadaan lengang tanpa macet dan sopir mengemudi dengan kecepatan yang wajar atau tidak terlalu pelan. Sedangkan estimasi harga tertinggi adalah jika jalanan dalam keadaan macet cukup parah dari lokasi penjemputan sampai dengan lokasi tujuan. Meskipun hanya perkiraan, namun beberapa kali saya menggunakan UberX selalu mendapatkan tarif tidak jauh dari estimasi terendah karena memang jalanan normal dengan sedikit kemacetan.

Tapi tahukah kamu, ada cara lain untuk melihat atau cek fare estimate / perkiraan tarif Uber tanpa perlu membuka aplikasinya. Kamu tentu tidak menyangka kan jika kita bisa melihat estimasi tarif Uber melalui Google Maps, baik itu UberX, UberMOTOR, UberBLACK, UberPOOL termasuk layanan dari transportasi berbasis aplikasi lainnya (Go-Jek dan Grab). Ya, lewat aplikasi navigasi dan peta milik Google yang ada di hampir semua smartphone Android.

alternatif cek tarif uber
Cek Tarif Uber / Grab / Go-Jek Google Maps

Untuk melakukannya cukup masukkan lokasi sekarang (bisa juga deteksi otomatis lewat GPS) dan lokasi tujuan. Setelah Maps menunjukkan rute, pilih tab dengan icon mobil (taxi) paling kanan, disitu kamu bisa melihatnya, untuk memesan tinggal klik saja. Menurut saya, estimasi ini sedikit lebih akurat dibanding estimasi in-app Uber, karena tarif dikalkulasi berdasarkan jarak dan kondisi kemacetan jalan saat itu juga.

Oh, iya ini sangat berguna loh bagi kamu yang daerahnya saat ini sudah didukung oleh UberPool seperti DKI Jakarta. Banyak pengguna setia UberX yang saat ini tidak bisa (atau kesulitan) melihat fare estimate setelah diberlakukan UberPool di daerah mereka, fitur ini pastinya akan membantu sekali.

kode voucher zenrooms

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *