Skip to main content

Membatalkan pesanan Uber, anda harus membayar biaya Rp 30,000

Karena beberapa hal kita sebagai rider terpaksa harus membatalkan perjalanan yang telah diterima oleh driver. Salah satunya adalah karena driver yang terlalu lama sampai di pickup location atau lokasi penjemputan.

Seperti yang kita ketahui Uber akan mengenakan kita biaya pembatalan sebesar 30,000 atau tiga puluh ribu jika kita melakukan pembatalan dengan alasan apapun, entah itu kesalahan dari driver atau anda sebagai rider.

Kejadian ini pernah saya alami ketika saya akan pulang dari sebuah mall di Surabaya. Pada saat memesan saya melihat beberapa driver dalam jangkauan, dan dalam hitungan detik setelah menekan tombol request saya bisa mendapatkan driver.

Update! Jika kamu merasa pembatalan ini tidak adil, seperti driver membatalkan pesanan tanpa setelah kamu menunggu lama. Kamu bisa ajukan klaim untuk mendapatkan kembali tagihan tersebut secara instan ke akun kamu sebagai Uber kredit. Baca selengkapnya disini.

Masalahnya, setelah lebih dari 30 menit saya tunggu driver sama sekali tidak bergerak dari lokasi awal dia menerima pesanan perjalanan saya. Dengan berat hati akhirnya saya membatalkan perjalanan itu.

uber driver cancelled
Cancelled Trip

Akhirnya, saya mencoba lagi untuk memesan Uber, anehnya driver ini kembali menerima pesanan perjalanan saya, dan masalah pertama saya alami kembali. Sayapun tetap menunggu namun hasilnya tetap sama, driver tidak bergerak sama sekali. Dan pemesanan kedua inipun terpaksa saya batalkan kembali.

Sayapun tidak menyerah dan kembali memesan 5 menit kemudian dan mendapatkan driver beneran, bukan abal-abal seperti sebelumnya.

Meskipun telah berhasil pulang dengan diantar driver yang baik dan ramah. Rasa kecewa terhadap driver abal-abal tadi semakin besar ketika saya baru tahu jika saya dikenakan biaya pembatalan atas kejadian tersebut sebesar Rp 30,000 dan karena terjadi dua kali maka totalnya sebesar Rp 60,000.

Berniat untuk komplain, akhirnya saya membuka bantuan (Help) di aplikasi Uber dan perjalanan dengan driver bermasalah tersebut, kemudian memilih opsi yang berkaitan dengan masalah saya yang baru saja saya alami.

lapor driver uber
Help with previous trip

Saya pesimis jika uang tersebut akan kembali, namun sekitar 12 jam kemudian saya mendapatkan email dari support Uber yang mengatakan bahwa mereka telah refund biaya pembatalan kembali ke akun uber saya. Berikut ini saya kutip isi email tersebut, “In this case, we’ve credited the cancellation fee back to your Uber account.”

Uber cancel fee 30,000
Email refund cancellation fee

Jadi cancellation fee tidak akan dikembalikan ke limit Kartu Kredit, melainkan dalam bentuk Uber credit yang bisa kita gunakan untuk perjalanan berikutnya. Tentunya keputusan untuk mengembalikan biaya perjalan mutlak di tangan Uber, namun jika kita yakin ini adalah kesalahan maka anda akan mendapatkannya.

Tentunya kamu harus bijak, dan diharapkan tidak cancel trip kepaada driver yang sudah berusaha bergerak ke tempat penjemputan, apalagi tempatnya cukup jauh, mungkin si driver terjebak macet sehingga estimate time menjadi lebih lama.

Featured Image Credit: @Uber_SBY

kode voucher zenrooms

Baca Juga

12 Komentar

    1. Akan dibebankan pada perjalanan berikutnya. Jadi, kalau nanti kamu naik Uber kena 20,000 nanti di ponsel driver akan terlihat 50,000, yang mana tambahan 30,000 adalah cancellation fee.

  1. Saya adalah Driver di Jakarta : Pengalaman pernah di Cancell oleh Rider yang sama sampai 4 kali berturut di daerah Cibinong Bogor tgl 30 Juli jam ; 17:00 saat malam hari dan ketika alamat Rider sya temukan via Tlp rider tersebut melakukan pembatalan sepihak dgn alasan yg dibuat2 …… dan saya pernah mengalami mengantar penumpang dengan biaya Rp 6000 dan Rp 3000 …. dan di tempat penjemputan yang sangat riskan utk dimasuki kendaraan krn lebar jalan nya hanya cukup utk 1 kendaraan tapi krn ini sdh tugas dan Loyalitas ssaya bersama Driver saya tetapkan menjemput dan mengantar penumpang tsb sampai tiba ditempat tujuan,,,, utk kedepan nya alangkah baik nya bila request perjalan nya dan penjemputan itu hrs ada minimal MiLe nya dan minimal biaya ….. Toch !!! ….. bila perjalanan nya hanya skitar 1 Km masih banyak tumpangan lain yg bisa dinaiki oleh para Rider yang memang memerlukan kendaraan ke tempat tujuan nya dengan lebih Mudah dan murah …..

  2. Saya driver uber motor dari Bogor,
    Saya pernah mendapatka panggilan order yang penjemputannya lumayan jauh mungkin ada sekitar 7-8 kilo, dengan buru2 saya tarik gas motor saya kencang kencang menuju lokasi penjemputan tanpa melihat gps karena sy sudah tau lokasi penjemputannya, setelah sampai lokasi saya meminta maaf kepada si penumpang kalo agak lama karena memang lumayan jauh jarak penjemputannya, tapi bukannya jawab baik baik si penumpang malah marah marah padahal sy sudah jelaskan klo jarak penjemputannya cukup jauh & dia juga tahu itu, tapi tetap saja yang ada dia ngomel ngomel terus sampai sudah jalan juga masih terus ngomel & semakin tidak enak kata katanya.. sepanjang jalan sampai ke tujun terus begitu.. & setelah itu dia mensuspen atau berkomentar tentang saya dengan sangat pedas..
    seharusnya sangatlah penting saling menghargai & mengerti satu sama lain jangan mentang mentang merasa bayar terus berlaku seenaknya dengan driver..

    1. Kalau jauh gitu mending sms/call rider tentang kondisi penjemputan (jarak dan waktu tempuh), kalau rider OK dan mau nunggu baru jemput.

  3. hari ini saya pesan uber dari st.gondangdia ke kantor Indosat,saya sudah sampai di stasiun sekitar jam 07:45 dan saya sudah telp drivernya bahwa saya nunggu dititik A.Namun sampek jam 8 saya belum di pick up akhirnya saya cancel dan menginfokan ke drivernya via sms.
    Disini saya tidak mempermasalahkan penalti yang diberikan,namu yg bikin saya jengkel baru kali ini saya cancel orderan saya dikata-katain sama drivernya,dibilang saya ngerjain oranglah,ngabisin bensin+pulsa orang lah dan bla bla bla
    tolongnya untuk para driver uber yang terhormat disini saya ngejar waktu drivernya ngejar setoran jadi saling toleransi aja lah jangan marah-marah gitu sama penumpang yg cancel orderan

  4. Saya mau tanya nama saya junaedi
    Saya baru masuk uber 2hari
    Yang dimaksud pembatal sepihak terus berapakah buget yang dikenakan kepada saya
    Terus kalo no penumpang yang gak aktif terus saya batalin itu gimana
    Terima kasih

  5. Saya sebagai uber driver kadang bingung sama penumpang yang suka ngasih rating sembarangan tanpa memberikan komentar tentang kekurangan/kesalahan driver padahal pelayanan yg diberikan sudah sangat baik.
    Mohon untuk para rider2 lainnya untuk jangan pelit2 sama rating, jika memang ada driver yang kurang sopan, ugal2an, ato hal lainnya yang kurang baik. Cobalah utk memberikan komentar agar driver juga tau kesalahaannya. Karna sering kali banyak driver yang pelayanannya baik malah dapat rating yang rendah.
    Padahal setiap rating yang rider berikan sebenernya tidak merugikan rider, justru malah merugikan driver jika sembarangan kasih rating (rating dibawah 5) tnpa alasan.

  6. Saya Suratman,
    Driver baru ubermotor, semalem dapat order 5x ber turut” tapi selalu di cancel dari customer kenapa yaa?

  7. Kalau driver yg meng-cancel dia kena denda berapa sih?

    Kemarenan pesan uberpool, sudah nunggu tiba-tiba driver bilang ga bisa datang tapi malah nyuruh rider yg cancel. Udah salah masih ngotot…

  8. Saya driver uber …saya minta tolong kepada uber agar menaikkan biyaya perjalanannya terlalu murah …saya driver surabaya…
    Sekali lg saya mohon dinaik kan love. PT uber semangat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *