Mempunyai kode promo Uber tapi tetap harus bayar saat selesai perjalanan

Pada suatu hari kamu memutuskan untuk mencoba Uber dan saat registrasi kamu sudah memasukkan kode promo untuk bisa mendapatkan free ride. Berdasarkan panduan cara penggunaan kode promo yang telah saya tulis sebelumnya, kamu seharusnya sudah bisa mencoba menumpang Uber gratis sesuai dengan nomimal promo yang kamu miliki.

Proses pemesanan berjalan lancar, aman terkendali, dan kamu sumringah karena bisa disopirin gratis. Namun masalah datang ketika kamu telah sampai di tujuan dan ternyata kamu ditagih oleh driver untuk membayar dalam jumlah tertentu. Ini tentu akan membuatmu bertanya-tanya, kok bisa sih, dan pada akhirnya kamu membayar sesuai dengan yang diinginkan driver.

Dari stalking di twitter, saya menemukan banyak sekali kasus seperti ini, dalam sehari bisa lebih dari tiga orang yang mengeluhkan masalah yang sama. Ada beberapa kemungkinan hal ini bisa terjadi, dan akan saya jabarkan sebisanya, hehe.

Sebelum saya jabarkan beberapa kemungkinan masalahnya, anda harus paham beberapa hal terlebih dahulu. Bahwa di setiap akhir perjalanan atau trip, driver harus menyelesaikan perjalanan (end trip) dan menunjukkan tagihan yang harus dibayar penumpang pada ponselnya.

Jika kode promo anda masih valid dan nilai promo lebih besar dari tagihan, maka ponsel driver akan muncul nominal IDR 0.00 dengan background hijau.

Note : Ini baru saya coba dengan opsi pembayaran tunai, prosedur bisa berbeda dengan opsi pembayaran Kartu Kredit.

pakai promo uber tetap bayar
Jumlah tagihan dengan Free Ride
  1. Terjadi masalah (error) pada sistem Uber
    Ini bisa saja terjadi karena pada saat end trip sistem Uber mengalami error dan kode promo tidak otomatis terpakai. Dan pada ponsel driver masih menunjukkan tagihan biasa (tanpa dipotong promosi) sedangkan Free ride di akun Uber hilang. Menurut saya, tetap bayar driver sesuai nominal yang tertera di ponsel driver, tapi setelahnya anda harus segera komplain ke Uber dan menceritakan kronologisnya.
  2. Kode Promo dianggap Fraud
    Ini terjadi karena system Uber mendeteksi penyalahgunaan promosi Free Ride. Misal, kamu membuat akun lebih dari satu kali meskipun dengan nama / nomor ponsel yang berbeda namun pada ponsel yang sama, ponsel berbeda dengan nomor ponsel yang sama dan tindakan iseng lainnya. Ini jelas merupakan tindakan penyalahgunaan promosi free ride dan ini sangat mudah dideteksi oleh sistem.

    Akun kamu bisa di non-aktifkan dan mungkin kamu tidak bisa daftar Uber lagi di ponsel yang sama. Jadi pada saat selesai melakukan perjalanan, Free ride kamu akan hilang dari akunmu, jadinya harus bayar dengan tarif normal. Yang jadi masalah kalau kamu malah ga bawa uang tunai, hmmm.

  3. Driver sedang nyari uang tambahan
    Meskipun jarang terjadi, tapi dari pengalaman beberapa temen saya yang mengalami masalah ini sering mendapati tagihan di ponsel driver menunjukkan angka IDR 0.00 namun driver tetap meminta bayaran. Jika kondisinya begitu, kita harus baik-baik tanya kepada driver, beliau ini tahu jumlah tagihan dari mana? Dan tunjukkan juga receipt atau tagihan di email atau bisa juga lewat menu Sejarah atau History di aplikasi Uber.

    Tapi sepertinya anda harus mengedapankan asas praduga tak bersalah, belum tentu driver sengaja dan dia benar-benar tidak mengetahuinya, mungkin dia driver baru yang belum ngerti atau mengantuk saat di-briefing oleh Uber. Hanya dia dan Tuhan yang tahu :mrgreen:

Salam UberON

Baca Juga

29 Komentar

  1. sewaktu saya pesan ubermotor ,saya tunggu ubernya gak datang2, karna sudah hampir 20 menit saya telpon drivernya gak bisa, saya cansel juga ga bisa2, karna saya mau order baru lagi tapi tetap ga bisa,lalu saya order aplikasi lain, besoknya pas saya mau order lagi gak bisa juga ,di situ tertulis ” pembayaran belum lunas dari perjalanan anda sebelumnya ” lalu gimana caranya ya caranya ya ?? saya membayar pembayaran yang 5000 itu ?? karna saya mau order uber masih belum bisa juga,terima kasih.

  2. Saya tadi pagi gunain kode promo, dan pas sampai ditempat pembayaran gratis. Tetapi saat saya ingin memesan lagi saya tidak bisa karena saya dikenakan tunggakan 10.000 dan saya harus bayar lewat credit tetapi tidak ada kk. Solusinya bagaimana ya?

  3. mengenai distance surcharge, kalau dibaca di web uber itu adalah biaya toll, parkir, atau biaya ketidaknyamanan driver. tiap ride pasti ada biaya ini? toll saya bayar sendiri pakai etoll, ngerokok juga ngga, ngobrol santai aja parkir juga free. ini charge apa ya?

    1. Kalau emang biaya lain-lain itu biasanya rinciannya dipisah.
      Distance surcharge yang saya tahu tarif per-KM bakal naik setelah lebih dari 30KM, mungkin peraturannya berubah.

  4. Sy kan dapat ptongan 50% pas berangkat ketujuan emang dipotong tp pas dari tujuan trus ke rumah kok ga dipotong. Knp ya itu? Apa karma drivernya yg nakal atau karna apaa ?

  5. Saya sudah masukan kode promo di aplikasi sama sekali tidak terpotong, apakah nantinya akan terpotong jika sudah sampai ditempat tujuan

  6. Saya dapat potongan harga alias diskon. Dan saya hanya bayar 1000.
    Tapi gamungkin kan ngasih driver Rp 1000. Yasudah saya kasih uang sesuai harga sebelum diskon.
    Uberrr keren dah.
    Terimakasih Uber

  7. saya mau tanya, tanggal 8 maret saya menggunakan uber. Tapi drivernya minta di cancel karena macet. saya kena biaya pembatalan 10rb. saya help ke uber dan masuk ke saldo kredit. Pada perjalanan dengan sopir uber lain saya dikenai biaya tambahan 10rb katanya krn cancel perjalanan. uang 10rb saya bayar ke sopir tsb. tapi saldo kredit saya tetap ada. apakan untuk perjalanan saya selanjutnya harus membayar tambahan 10rb lagi?

  8. apakah sebenarnya driver uber tahu tentang promo yang ada? misal saya pesan uber dengan promo diskon 50%.. apakah mereka sudah tau ada promo itu sebelumnya? dan bagaimana dengan sistem pembayaran mereka dr uber.. apakah juga jadi dipotong 50% dari tarif?

    1. Nadia
      Driver tidak tau yg dia dapat apakah promo atw.kredit atw cash…
      Driver baru tau klo sudah sampai d end trip…
      Jd harus.mngerti bahwa kendaraan btuh bahan bakar bgitupun drivernya… biar sama sama enak gitu mba…

  9. saya membayar biaya perjalanan uber sesuai dengan yang tertera di awal pemesanan, ketika sampai hp saya ad gangguan jadi tidak cek aplikasi. eh pas buka aplikasi dan email di rumah, ternyata perjalanan saya gratis. gimana yah min, pengemudi tidak menginformasikan juga kalo perjalanannya gratis dan tidak menawarkan kembalian juga padahal uang saya 50.000 (kembaliannya si cuma 5000),saya pikir gpp kalo kembalian itung2 buat tip dy juga. saya konfirm k driver tidak respon,saya komplain di aplikasi juga belum respon. jadi males pesen uber lagi klo gini.

  10. Naik uber dengan kode promo SETENGAHHARGA (berlaku dari tggl 24-28 Oktober 2016 untuk 5 X perjalanan) , tapi pada tggl 28 Oktober 2016, di perjalanan ke 4 , saya di tagih penuh oleh pihak Uber, padahal SEHARUSNYA ada potongan harga maksimal 25ribu dari total tagihan (kuota promo baru terpakai 3 kali sejak saya mengaktifkannya). Saya langsung kirim keluhan ke pihak Uber, lewat tautan Need Help->I had an issue with my promo code->My promo code didn’t work for this trip. Semoga ada respon yang berkenan dari pihak Uber.

  11. Kenapa setiap masukin kode promo selalu tulisannya promotion risk? Padahal saya di sms terus sama ubernya untuk pake kode promo itu..

  12. Saya kasih promo code ke adik saya
    Pas mau dipakai selalu minta verify credit card
    Padahal mau dibayar pake cash
    Jadi dia gabisa order dan pake promo codenya
    Gimana ya? Mohon bantuannya

  13. Tadi saya pesen uber, setelah lebih dari 5 menit drivernya minta di cancel, tapi gak saya cancel. Tiba tiba keluar dari app uber… Pas diliat kena cancel fee 30.000,trs saya kirim help ke uber kl Driver minta saya membatalkan pesanan, trs 30.000 itu masuk di saldo kredit saya, apakah jika mau memakai saldo kredit itu bisa dengan tunai atau harus menyetel pembayaran dengan kartu kredit?

  14. kemarin teman saya meminta saya untuk mendaftarkan uber akunnya di hp saya. dan skrg saya sudah kembali login di akun saya, apakah promosi saya masih dpt digunakan?

    1. Sebenarnya sih itu, kalau menurut saya, ga masalah. Tapi entah menurut sistem pendeteksi fraud Uber. Di coba saja naik mas, jika setelah naik kode promo ga terpakai, atau di hape driver promo ga memotong argo, berarti kena flag oleh sistem.

  15. hari ini saya pakai kode promo dan pd end trip saya mendapat biaya tagihan,kan seharusnya gratis.sudah diajak muter2 ga karuan sehingga end trip bengkak.driver blg pengguna lama tapi cara membaca navigator aja ga tahu.huhuu.tolong hal seperti ini sangat diperhatikan.trims gan…mohon direspon!

    1. Wah sayang sekali kak, pakai kode promo berapa dan habis berapa kak?
      Bisa langsung diceritakan saja kronologisnya ke Uber via email (support@uber.com). Bilang kalau driver mengambil rute yang buruk atau bad route.
      Nulis keluhannya bisa pakai Bahasa Inggris aja biar direspon agak cepetan.

  16. Saya mempunyai Saldo Kredit, saya masukan tempat penjemputan, destination, Saldo Kredit saya masih valid dan saya Aktifkan. Lalu stelah sampai ke tujuan, di ponsel driver menunjukan nominal yg harus saya bayar, namun di ponsel saya menunjukan Rp. 0, . Lalu saya bayar saja 🙁 Bagaimana itu min?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *