Skip to main content

Pengalaman menggunakan Uber di Surabaya dengan bayar cash

Di Indonesia, aplikasi ride sharing berbasis aplikasi – Uber, bukanlah hal yang baru, karena aplikasi ini telah tersedia di Jakarta sejak tahun 2014. Setelah hadir di Ibu Kota, Uber juga telah melebarkan layanannya ke berbagai kota besar di Indonesia seperti Bandung, Bali dan terakhir adalah Kota Surabaya yang telah tersedia mulai bulan Januari 2106 sekaligus menjadi kota keempat.

Saya kenal aplikasi ini sejak Uber tersedia di Jakarta, dan saya telah menginstalnya dan membuat akun meskipun saat itu Uber belum tersedia di Surabaya. Saat belum resmi masuk di kota ini, dulu hanya ada pilihan untuk pembayaran via Kartu Kredit (Credit Card), namun setelah resmi hadir di Surabaya, pembayaran Cash sudah mulai tersedia pada akun saya. Jadi saat ini, akun saya mempunyai dua opsi pembayaran, Credit Card dan Cash.

Baca juga

Karena Uber menyediakan Free ride alias numpang gratis untuk pengguna baru dengan menggunakan kode promosi, dan dengan tersedianya opsi pembayaran cash, membuat saya tertarik untuk mencobanya. Dengan PD’nya saya langsung mencoba untuk ke rumah orang tua yang ada di Sidoarjo, saat itu saya belum tahu jika Uber bisa digunakan ke luar kota atau tidak.

Setelah siap-siap untuk pergi, saya langsung buka aplikasi Uber, tidak lupa untuk mengaktifkan GPS dan memastikan untuk mengubahnya ke mode High Accuracy atau akurasi tinggi, sehingga lokasi kita bisa terdeteksi dengan tepat. Setelah aplikasi terbuka, ternyata di deket rumah tidak ada driver yang lagi ngetem, maklum mungkin armada masih terbatas atau uda pada pindah mangkal ke lokasi mall atau perkantoran.

Catatan:
Ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan Uber, perjalanan ini menggunakan kode promosi Free Ride. Kamu juga bisa menggunakan kode promo BACPRFRIDAOC yang otomatis akan memotong tagihan perjalanan. Baca juga Cara menggunakan Kode Promosi Uber (First Free Ride).

Saya coba untuk ganti lokasi penjemputan (pickup location) sekitar 1-2 km dari rumah, dan ternyata disana ada beberapa driver yang terdeteksi. Akhirnya saya putuskan untuk jalan kaki ke lokasi tersebut, anggep aja jogging siang lah, mumpung mendung.

Setelah sampai, kemudian buka aplikasi Uber dan mengecek apakah lokasi penjemputan sudah sesuai dengan lokasi saya saat ini, dan ternyata lokasi yang diberikan tidak terlalu tepat sehingga saya harus menggeser pin pickup ke lokasi yang tepat.

uber surabaya penjemputan
Menentukan lokasi pickup/penjemputan

Alasan saya koordinat yang diberikan oleh GPS tidak akurat 100% karena ada beberapa gangguan, jadi lebih baik kita tahu alamat dimana kita saat ini. Ini penting karena driver akan datang ke lokasi sesuai dengan pin pickup yang kita set dan menunggu kita disitu. Beberapa driver akan menghubungi namun ada juga yang datang langsung dan menunggu di lokasi tanpa konfirmasi.

OK, setelah yakin tentang lokasi penjemputan atau pick up, kemudian saya menekan opsi “SET PICKUP LOCATION“, dilanjutkan dengan memilih opsi “GET FARE ESTIMATE” disitu kita bisa memasukkan alamat tujuan.

opsi cash uber surabaya
Menentukan opsi pembayaran

Alamat tujuan tidak perlu secara rinci, kalau di perumahan cukup cari nama perumahannya saja, tidak perlu alamat lengkapnya. Setelah kembali lagi dan pilih opsi pembayaran, disini saya mencoba menggunakan CASH.

perkiraan tarif uber surabaya
Fare estimate UberX

Setelahnya saya langsung menekan tombol “REQUEST UberX“. Aplikasi Uber akan mencarikan kita driver terdekat dengan lokasi pickup, dan anda seharusnya sudah bisa mendapatkan driver dalam waktu kurang dari satu menit. Jika ada driver yang mengambil request, maka nama driver dan plat nomernya akan muncul pada aplikasi.

Driver mungkin akan menghubungi anda, namun selama saya pakai Uber hampir semuanya datang tanpa konfirmasi. Mungkin driver ingin berhemat pulsa, ini bukanlah masalah karena jika driver sudah paham lokasi kita.

Saya beberapa menit sekali melihat ke layar ponsel untuk cek sampai dimanakah sang driver. Jika sudah mendekati notifikasi pada Uber akan berubah menjadi “Arriving Now“. Beberapa saat kemudian ada sebuah mobil mendekat, Toyota Avanza dan setelah saya cocokkan plat nomernya ternyata itu adalah armada Uber. Saya mendekat ke arah mobil kemudian driver membuka jendela untuk menanyakan nama saya dan mempersilahkan saya masuk.

Ketika di dalam mobil, jika kita sudah memberikan lokasi tujuan maka driver tidak akan menanyakan lagi dan langsung akan berangkat ke lokasi tujuan. Selama di jalan tidak banyak yang kami bicarakan, cuman driver akan menawarkan kita mau lewat mana, saya hanya bilang yang cepat sampai aja.

trip history uber sby
Trip Charge

Setelah sampai di lokasi tujuan, karena pakai opsi CASH pada ponsel driver akan muncul nominal dalam rupiah yang harus kita bayar. Fare / biaya yang saya keluarkan memang sedikit lebih mahal dari Fare Estimate, maklum saat itu Surabaya cukup macet di daerah Darmo, Ahmad Yani dan masuk ke Sidoarjo juga macet di Kletek.

Total yang harus saya bayar saat itu adalah Rp 11.0000, tentunya setelah di potong free ride berkat kode promosi. Kamu juga bisa memasukkan kode promosi saya “BACPRFRIDAOC“ untuk potongan tagihan perjalanan.

Featured Image Credit: @Uber_SBY

kode voucher zenrooms

Baca Juga

15 Komentar

  1. Tidak ada namanya kebijakan bayar pulang pergi jika keluar surabaya ya? Karena saya diberitahu untuk bayar double jika keluar surabaya

    1. Seharusnya sih kena kebijakan double fare itu, tapi mungkin driver nda tahu dan saya juga nda tahu jadi diem2an aja, hehe….
      Anehnya ini kebijakan nda ada di Jakarta, disana enak bisa ke Bogor Bekasi yang termasuk luar kota dari Jakarta.

  2. Saya coba dari surabaya ke gresik kok gak bisa cek fare estimated nya ya? Atau blm melayani trip surabaya – gresik? Terimakasih

    1. Kalau mau cek estimated fare yang lebih akurat coba pake buka Google Maps dan masukkan lokasi sekarang dan tujuan, disitu nanti ada pilihan Uber / Taxi.
      Kalau tetep mau naik Uber ga usa diisi tujuan, tapi ketika dapet driver kasih tahu tujuan kita Gresik, dengan konsekuensi Fare jadi double.
      Mau menghindari double fare? dari Sby coba turun di wilayah perbatasan paling dekat dengan Gresik dan request Uber lagi disitu. Kalau di angkot istilahnya, oper angkot, haha.

  3. Saya prjalanan dari darmo permai ke sepanjang pake kode promo kok ttep bayar y? 🙁 … Stlh itu br ada sms dr ubernya kl tumpangan slnjutnya br gratis. Emang ada syarat2 trtentu y?

    1. Hi mas Rudy,
      Yang mas bayar itu ya tagihan yang tertera di hape driver, saya setiap end trip selalu ditunjukkin kalo jumlahnya IDR 0.00 yang artinya gratis. Kalau yang di ponsel driver seperti itu dan driver minta bayar, jangan mau, itu modus.
      Coba dilihat lagi di history perjalanan atau email, disitu kan ada receipts yg harus di bayar.

  4. Min mau nanya dong , pesen uber dr sby ke gresik bisa ngga sih ? Apa kena double tarif ? Terus klo si uber nya dsuruh nunggu and balik ke sby nya pake dy lagi apa bisa ya ? (Krn klo taxi biasa kan bisa tuh hehehe :p)

    1. Saya uda bertanya berkali-kali ke driver saat saya naik Uber. Mereka rata-rata tidak tahu tarif double untuk luar kota. Saya sendiri sering naik dari Sidoarjo ke Surabaya atau sebaliknya tidak pernah mendengar hal itu dari driver.
      Mungkin mbak bisa tanya dulu ke drivernya sebelum pickup mau PP Sby – Gresik, karena PP mungkin driver mau karena pulangnya tidak kosong orderan.
      Kalau nunggu, mungkin dia akan minta fare/argo tetap jalan.

    2. Saya uda bertanya berkali-kali ke driver saat saya naik Uber. Mereka rata-rata tidak tahu tarif double untuk luar kota. Saya sendiri sering naik dari Sidoarjo ke Surabaya atau sebaliknya tidak pernah mendengar hal itu dari driver.
      Mungkin mbak bisa tanya dulu ke drivernya sebelum pickup mau PP Sby – Gresik, karena PP mungkin driver mau karena pulangnya tidak kosong orderan.
      Kalau nunggu, mungkin dia akan minta fare/argo tetap jalan.

  5. sy biasa pk uber di jabodetabek
    kok tdk pernah dengar kebijakan double fare y, klo mau muter2 kmn aja & berapa lama jg bayar sesuai angka dr server Uber.
    driver jg jk luar kita tinggal nunggu rider brikutnya di lokasi mn aja tanpa hrs balik k asal. double fare itu apa krn d Sby uber blum memasyarakat y ?

    1. Saya beberapa kali juga menanyakan hal ini ke beberapa driver yang saya tumpangi dan mereka mengatakan hal tersebut tidak ada.
      Mungkin driver melakukan itu karena di daerah tujuan rider sepi penumpang, jadi tidak mau rugi kalau balik tidak dapat tumpangan, mungkin.

  6. pengalaman naik uber jakarta dan surabaya sangat berbeda
    Jakarta
    – unit banyak
    – jarang dapat uberx tanda petir

    Surabaya
    – unit sedikit
    – sering dapat uber yang tarifnya bisa sampai 1,5 hingga 3 kali lipat, which is lebih mahal daripada taxi. Kalau uber lebih mahal daripada taxi, ngapain order uber, ya kan?

    sebenarnya peluang lho jadi driver uber di surabaya karena permintaan banyak tp unitnya sedikit, apalagi daerah surabaya pinggiran dan kota sidoarjo.

  7. Baru saja saya melakukan pemesanan penjemputan untuk besok pagi di daerah Manyarsidorukun Gresik. Tapi dengan alasan jaub dari driver mereka minta melakukan penjemputan tanpa aplikasi. Di luar dugaan termyata tarifnya 250rb untuk tujuan daerah gunung anyar surabaya. Padahal di aplikasi terpampang rate 119rb-160rb. Untuk kasus ini mhn pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *