Skip to main content

Tips untuk menghindari Harga Ramai / Surge Pricing atau Petir Uber

Setelah beberapa minggu jarang terlihat, akhirnya “Petir” Uber sudah mulai menyebar dimana-mana mirip Pokemon. Khususnya bagi teman-teman rider yang ada di kota yang ketersediaan Uber vs permintaan tidak seimbang, seperti di Surabaya yang saat ini permintaan cukup tinggi namun belum diimbangi dengan ketersediaan armada Uber. Bagi yang belum paham mengapa bisa begini, mungkin bisa baca pos sebelumnya tentang Harga Ramai atau Surge Pricing.

Harga Ramai ini merupakan rejeki bagi driver (jika dapet tumpangan), tapi bagi rider (dengan duit di dompet yang pas-pasan) ini adalah horror. Bagaimana tidak, jika sebelumnya biaya yang harus dikeluarkan masih terjangkau, misalnya dari tempat nongkrong ke kos cuman 20,000 saja, tapi jika mendapatkan petir 2.5x bisa menjadi 50,000.

tips hindari harga ramai uber
Harga Ramai

Sebenarnya kita tidak perlu panik ketika mendapati harga ramai di aplikasi Uber, karena multiplier atau pengkali sangat fluktuatif, bisa berubah dalam hitungan menit. Jika saat ini kamu uda dapet surge 1.5x tinggal nunggu aja 2 sampai 5 menit, kemudian buka aplikasinya dan lihat petir pengkali, mungkin akan menjadi 3.0x haha.

Berikut ini adalah beberapa tips dari kami untuk kamu dalam upaya menghindari serangan harga ramai atau petir Uber.

  1. Gunakan Fitur Notifikasi Harga Ramai
    Kamu bisa melihat pilihan ini ketika akan menentukan lokasi penjemputan, cukup pilih saja opsi “Beri tahu saya jika sudah tidak ramai” atau dalam Bahasa Inggris “Notify me if surge ends”. Kamu akan diberi tahu via notifikasi di ponsel kamu jika pengkali telah turun. Ini cocok jika kamu tidak terburu-buru, karena notifikasinya tidak cepat update.
  2. Pantengin terus aplikasi Uber setiap beberapa menit
    Bagi mereka yang keburu-buru pergi tapi terhenti dengan petir Uber yang ngga kira-kira, usaha logis yang bisa kamu lakukan adalah sering-sering membuka aplikasinya tiap (minimal) dua menit. Jadi biar ga bosan, bisa sambil nangkap Pokemon setelah dapet terus buka Uber lagi, atau sekalian aja terusin jalan sampai ke tempat tujuan sambil nangkepin Pokemon, hehe.
  3. Geser Tempat
    Maksudnya pergi ketempat yang tidak ada surge price atau petirnya, bukan geser tempat duduk aja. Jadi arahkan pin ke area-area sekitar sampai menemukan area yang tidak ada petirnya atau dengan pengkali agak rendahan. Jika sudah dapet, jalan deh atau kalau males bisa pesen Ojek Online langganan.

Oke, itu adalah tips dari kami. Mungkin kamu tahu tips yang lebih logis? 😀 silahkan share di komen.

kode voucher zenrooms

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *